RSS

Greek Mythology part II

30 Jul

APHRODITE [Part One]

Ada beberapa cerita yang menceritakan tentang kelahiran Aphrodite. namuun yang paling dominan adalah bahwa ketika Oranos (Uranus) dikudeta oleh Kronos, Kronos mengebiri Oranos dan potongan alat kelaminnya dibuang ke laut.

Alat kelaminnya dibuang ke laut,  muncul busa  di permukaan laut. nah dari busa itulah muncul sebuah kerang yang di dalamnya ada seorang dewi kecantikan dan cinta.. ” Aphrodite” ..

Setelah kelahirannya itu, ketika Zeus berkuasa, ia membawa Aphrodite ke Olympus.. Namun.. setelah dia memperhatikan lagi.. tiba-tiba zeus merasakan aroma Testosteron menjadi makin pekat di Olympus.. dan Zeus makin yakin begitu ngeliat mukanya Hermes, Ares, Dionysus, dll.

Zeus langsung memutuskan bahwa Aphrodite adalah ancaman bagi ketentraman Olympus. Akhirnyaa dia memutuskan untuk menikahkan Aphrodite kepada putranya, Hephaestus.. Pandai besi Olympus.. seorang dewa  dan kaki yang pincang.

beruntunglah si Hephaestus, tapi Aphrodite harus bersabar. tetapi walaupun si Hephaestus ini tidak berwajah rupawan, dia adalah suami yang sangat sayang istri dan suka bekerja keras. Hephaestus sering memberikan berbagai hadiah yang super indah bagi Aphrodite, termasuk sebuah sabuk yang bernama Cestus, Sabuk itu membuat siapapun yang memakainya menjadi sangat menarik bagi lawan jenisnya..

karena Aphrodite memang cantik, Dia gak mau tuh terjebak sama Hephaestus aja.. akhirnya selingkuhlah dia.. banyak yg diselingkuhin.. Ares, Poseidon, Dionysus, hermes dan beberapa mortal. disini terlihat cerdasnya bangsa Yunani Kuno dalam penyusunan mitologi..

ARES yang merupakan dewa perang.. berselingkuh dengan aphrodite  yang notabene adalah dewi cinta.
anak-anak mereka sangat kontradiktif.. Phobos (fear), Deimos (terror), Harmonia (harmony) dan Eros (intimate love)

Suatu hari, si Hephaestus tidak tahan dengan tingkah laku istrinya yang selingkuh terus, akhirnya dia menempa sebuah jaring yang terbuat dari rantai yang gak bisa putus.. lalu, ketika  Aphrodite dan Ares lagi “ehm ehm” di kasur, dijaringlah mereka berdua. lalu hephaestus menyeret mereka berdua sekalian sama kasur-kasurnya ke hadapan para dewa di Olympus, dia minta keadilan dari para dewa dan agar si ares dan aphrodite dihukum.

Tapi malangnya para Olympian malah ngetawain Hephaestus,  mereka nganggep hephaestus cuma becanda.. akhirnya Hephaestus menyerah dan mulai menerima tingkah laku istrinya yang selingkuh mulu. karena udah bawaan lahir aphrodite sebagai dewi cinta untuk hobi bercinta dan menebarkan cinta kemana-mana. hanya tiga dewi yang tidak terpengaruh sama kekuatan cinta aphrodite.. yakni Athena, Artemis, dan Hestia.. mereka bertiga disebut sebagai Virgin Goddess.

———————————————————————————————————————————————

APHRODITE [Part Two]

APHRODITE, EROS DAN PSYCHE

Aseorang raja yang memiliki 3 orang putri.. Putri bungsunya bernama PSYCHE (dibaca si-ke), Psyche yang  berparas cantik sehingga masyarakat sekitar  berenti menyembah Aphrodite dan mengangkat Psyche sebagai dewi kecantikan. Tingkah masyarakat tersebut membuat aphrodite marah tetapi bukannya meng-azab daerah itu, dia langsung ke pusat permasalahannya, yakni Psyche!

Aphrodite memanggil Eros, putranya. yang kalo di jaman sekarang lebih dikenal dengan nama Cupid.. Aphrodite memerintahkan Eros untuk membuat Psyche jatuh cinta kepada lelaki terjelek di dunia. Ketika Eros melihat Psyche, dia langsung terpesona sampai tidak sengaja ia menusuk tangannya sendiri dengan anak panah cinta yang tadinya hendak ditembakkan ke Psyche.. Eros pun jatuh cinta kepada Psyche dan tidak jadi melakukan perintah Aphrodite.

Setelah beberapa lama, Aphrodite yang terus memantau Psyche menyadari adanya suatu keganjilan.. Kenapa Psyche belum juga jatuh cinta pada siapapun,  akhirnya Aphrodite langsung turun tangan. Ia mengutuk Psyche sehingga tidak ada seorangpun yang mau melamarnya..

Beberapa tahun berlalu.. Tidak ada seorang pun yang datang melamar Psyche sementara usianya seharusnya dia sudah menikah.  Orangtua Psyche cemas dan membawa Psyche ke Oracle untuk diramal..

Eros membuat Oracle berkata bahwa Psyche tidak ditakdirkan untuk menikahi seorang mortal.. melainkan ia akan menikah dengan suatu makhluk yang tinggal di sebuah gunung, bahkan dewa-dewa pun takut kepada makhluk itu..

Psyche dan Orangtuanya bersedih, karena menyangka Psyche ditakdirkan untuk menikah dengan seekor monster.. Dan setelah perdebatan yang cukup panjang, Psyche akhirnya berhasil meyakinkan orangtuanya untuk merelakan putri bungsu mereka mengikuti jalan yang telah ditentukan oleh Sang Takdir..

Psyche meninggalkan tempat tinggalnya.. semua orang merasa sedih melepas kepergian Psyche, karena entah disebabkan oleh kecantikan fisiknya atau juga kebaikan hatinya, Psyche berhasil menjadi wanita yang dicintai oleh masyarakat sekitarnya..

Psyche berjalan menuju gunung yang dimaksud.. Ia terus berjalan sambil memberanikan diri.. namun karena ia tidak kuat menahan rasa takutnya, ia menitikkan air mata.. Zephyrus, sang Angin barat, melihat kesedihan Psyche.. dan ketika Psyche sampai di puncak gunung itu, ia dibawa turun oleh Zephyrus dengan halus ke sebuah lembah di sana..

di lembah itu Psyche melihat sebuah hutan yang indah.. Ia pun berjalan menembusnya, hingga ia sampai ke sebuah tanah lapang yang ditumbuhi rumput.. Di tengah tanah lapang itu, terdapat sebuah rumah indah yang nampak seperti istana..

Tiba-tiba terdengar sebuah suara yang mengatakan bahwa tempat itu dibangun untuk tempat tinggal Psyche dan disana ada banyak pelayan yang tidak terlihat untuk memenuhi kebutuhan Psyche.. Gadis cantik itu sangat gembira mendengarnya..

Di malam hari, lembah itu sangat gelap dan tidak ada cahaya samasekali.. tiba-tiba Psyche mendengar suara seorang laki-laki.. Suara itu terdengar halus dan ramah..

‘Apa ini monster yang dibilang oracle?’ pikirnya ragu.

Psyche dan Eros menghabiskan setiap malam bersama. tetapi Psyche tidak bisa melihat wujud suaminya karena memang suasana sangat gelap gulita. Psyche pun memohon agar suaminya menampakkan diri di siang hari.. Namun dengan sedih suaminya terus menolak dengan berkata, “Jika kau melihat wujudku, maka saat itu juga kebahagiaan kita akan berakhir..”

Namun, seperti yang telah ditakdirkan oleh dewa-dewa kepada wanita pertama, yakni Pandora.. Psyche juga memiliki rasa ingin tahu yang sangat kuat.. dan siksaan rasa penasaran ini tidak bisa lagi dibendungnya sehingga ia meminta suaminya agar mengizinkan saudara2nya untuk mengunjunginya..karena sebenarnya Psyche butuh tempat curhat. Eros yang mendengar nada kerinduan di dalam suara Psyche langsung mengijinkan..

Keesokan harinya Psyche menemui kakak2nya dan menceritakan tentang suaminya yang baik hati namun tidak mau dilihat..

Kakaknya memanasi psyche bahwa suaminya pasti seorang monster sehingga dia gak mau dilihat karena takut Psyche akan kabur.. Bahwa sebenarnya suaminya sedang menggemukkan Psyche untuk kemudian memakannya.. dan akhirnya menyuruh Psyche untuk membawa sebuah lentera minyak dan sebuah belati, kemudian melihat wujud suaminya ketika ia sedang tidur, dan kalau memang suaminya seekor monster, maka Psyche bisa langsung membunuhnya pakai belati..

Malam itu, Psyche benar-benar melakukan yang dikatakan oleh kakak2nya.. ia membawa sebuah lentera dan sebuah belati.. awalnya ia ragu, namun kata2 kakaknya terus terngiang dan ia pun menyalakan lentera..

Ketika cahaya lentera menyinari wajah suaminya, Ia langsung menyadari siapa yang selama ini bersamanya.. tidak lain adalah Eros sang dewa cinta.. Psyche pun makin mencintai Eros.. namun karena kaget melihat Eros, Psyche tidak sengaja menumpahkan minyak dari lenteranya ke badan Eros..

Eros langsung bangun dan begitu melihat istrinya yang membawa lentera, ia langsung marah.. kemudian terbang meninggalkan Psyche menangis sendirian menyesali perbuatannya..

———————————————————————————————————————————————

Sumber

 
Leave a comment

Posted by on July 30, 2012 in Sejarah & Xenology

 

Leave a comment