RSS

Blue Books ITC Indoneisa

11 Aug

Cetak Biru atau Blue Print adalah kerangka kerja terperinci (arsitektur) sebagai landasan dalam pembuatan kebijakan yang meliputi penetapan tujuan dan sasaran, penyusunan strategi, pelaksanaan program dan fokus kegiatan serta langkah-langkah atau implementasi yang harus dilaksanakan oleh setiap unit di lingkungan kerja.

CT (Information and Communication Technologies) atau TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi.

TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.

Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21 TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.

Blue Book adalah dokumen tahunan untuk merumuskan perencanaan SDM ICT dalam rangka mendukung pengembangan industri ICT di Indonesia. Dalam blue book itu sendiri terdiri dari empat bagian :

– Estimasi Kebutuhan SDM ICT s/d 2010

– Kapasitas dan Kinerja Saat ini

– Rekomendasi (kurikulum generik dan assessment)

– Usulan Action Plan

Dalam blue book ict indonesia versi 2005 dijelaskan bahwa industri ICT Indonesia membutuhkan SDM sampai sekitar 500,000 orang di tahun 2010 :

*IT Enabling Job: Offshore ICT Job

3.3 juta lapangan kerja ICT offshore s/d 2015

Nilai gaji 136 milyar USD

*IT Enabling Job: Domestic Market

Est. 1 milyar USD tahun 2002

*IT Enabled Job

Per kantor 10 pekerja: 1 admin dan 8 IT operator

 
Leave a comment

Posted by on August 11, 2012 in Komputer Dan Masyarakat

 

Leave a comment